Sinergi BUMN, Erick Tohir Resmikan Beroperasi kembali Loko Uap” Mak Itam” Sawahlunto

Sawahlunto, Investigasi.news – Kerjasama Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Pupuk Indonesia, Biofarma, dan Semen Indonesia Group (SIG) didukung PT Kereta Api Indonesia (KAI) kembali mengoperasikan kereta api Loko uap Mak Itam Sawahlunto. Ini ditandai dengan peresmiannya oleh Menteri BUMN Erick Tohir, Selasa (20/12/2022).

Peresmian pengoperasian kembali KA Wisata Mak Itam E1060 di jalur kereta api Sawahlunto – Muaro Kalaban oleh Menteri BUMN Erick Thohir itu dihadiri Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy, Wali Kota Sawahlunto Deri Asta, Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade, Kapolda Sumbar Irjen Suharyono.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengucapkan apresiasinya kepada Menteri BUMN Erick Thohir serta Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah Sumatera Barat khususnya kewilayahan Sawahlunto, BUMN-BUMN yang terlibat, dan masyarakat Sawahlunto dan sekitarnya. Atas kolaborasi yang terbangun dengan baik tersebut, harapan warga Sawahlunto untuk menggunakan kereta api bisa tercapai.

Menteri BUMN Erick Thohir Resmikan beroperasi kembali Loko Uap Mak Itam Sawahlunto. (Foto: T.Ab)

Wali Kota Sawahlunto Deri Asta sangat apresisai dengan dukungan kolaborasi BUMN yang dapat mengaktifkan kembali loko uap mak itam yang sejak 2014 lalu tak dapat beroperasi.

“ dengan aktifnya loko uap ini akan menimbulkan multi efek kepariwisataan dan perekonomian kota ini, sehingga diharapkan bukan sampai stasiun Muarakalaban untuk kelanjutannya juga dapat ditingkatkan sampai ke stasiun Silungkang”, harap Deri.

Menteri BUMN Erick Tohir berharap adanya kelanjutan ini dapat ditindaklanjuti melalui kolaborasi dan kerjasama BUMN yang senantiasa berupaya untuk memberikan kontribusi guna meningkatkan perekonomian Sumbar

“ karena pariwisata ialah sektor yang tercepat membangkitkan ekonomi dan ekosistem kepariwisataan harus dibangun, bukan hanya Sawahlunto tapi semua daerah di Sumbar. Kuncinya yang pertama, gotong royong membangun ekosistem, jangan punya egosektoral. Membangun ekosistem itu harus bersamaan” kata Erick.

Disamping meresmikan beroperasi kembali loko uap Mak Itam menteri dan rombongan menyempatkan diri melihat produk UMKM binaan BUMN di Kota Sawahlunto dan menandatangi MOU pemanfaatan lahat PT KAI dengan Pemkab Agam. (T.Ab)