Kunjungan Pj. Bupati Pulang Pisau: Meninjau Inovasi Pemanfaatan FABA di PLTU Nusantara Power

More articles

spot_img

Pulang Pisau, Investigasi.news – Pj. Bupati Pulang Pisau, Hj. Nunu Andriani, melakukan kunjungan bersejarah ke Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Nusantara Power Pulang Pisau pada Kamis (30/5/2024).

Kunjungan ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) mengenai Penggunaan Fly Ash dan Bottom Ash (FABA).

Dalam kunjungan tersebut, Hj. Nunu Andriani menyaksikan secara langsung bagaimana FABA dimanfaatkan oleh PLTU, tidak hanya sebagai bahan baku tetapi juga diolah menjadi produk seperti batako dan paving block.

“Kami telah melihat proses pencampuran semen untuk menghasilkan paving block dan batako. Pemkab berharap masyarakat di sekitar PLTU Pulang Pisau dapat memanfaatkan potensi FABA ini,” ungkap Hj. Nunu Andriani.

Hj. Nunu Andriani menekankan bahwa pemanfaatan FABA dari PLTU Pulang Pisau diharapkan dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat, serta meningkatkan kesejahteraan warga Kabupaten Pulang Pisau. “Pemanfaatan FABA ini bukan hanya solusi lingkungan, tapi juga peluang ekonomi bagi masyarakat sekitar,” tambahnya.

Manager PT PLN Nusantara Power Pulang Pisau, Fu’ad Arifin, turut mengungkapkan optimismenya terhadap kerjasama ini. Dengan produksi 50 ton FABA setiap hari, tantangan utama adalah pemanfaatannya secara efektif.

“Dengan MoU ini, kami semakin semangat dan optimis. Melalui pemaparan dari dinas terkait, kami yakin kerjasama ini akan sukses dengan tagline kami, yaitu FABA tebar manfaat,” kata Fu’ad Arifin.

Kerjasama ini diharapkan dapat menjadi model inovatif dalam pengelolaan limbah industri, sekaligus mendorong pembangunan berkelanjutan di Kabupaten Pulang Pisau.

Zulmi

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Latest

spot_img