Pasar Murah di Maliku, Upaya Nyata Pemkab Pulang Pisau Perangi Kemiskinan Ekstrem

More articles

spot_img

Pulang Pisau, investigasi.news – Dalam upaya mempercepat penghapusan kemiskinan ekstrem di Kabupaten Pulang Pisau tahun 2024, Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (DisperidagkopUKM) menyelenggarakan pasar murah di Kecamatan Maliku pada Kamis, 30 Mei 2024.

Acara ini mendapat perhatian khusus dari Pj. Bupati Pulang Pisau, Hj Nunu Andriani. Dalam sambutannya, beliau menekankan bahwa pasar murah ini merupakan langkah konkret pemerintah daerah untuk menstabilkan harga kebutuhan pokok dan meringankan beban masyarakat miskin.

“Total nilai paket sembako sebenarnya Rp209.750,00, namun berkat subsidi pemerintah sebesar Rp200.000,00, warga hanya perlu membayar Rp9.750,00,” ungkap Pj. Bupati.

Beliau juga menegaskan bahwa tujuan utama pasar murah ini adalah membantu masyarakat desil I, sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Pulang Pisau No.119 tahun 2024. “Kami berharap kegiatan ini dapat membangkitkan ekonomi masyarakat dan meningkatkan taraf hidup mereka,” tambahnya.

Baca Juga :  Pj Bupati Pulang Pisau Pastikan Kelancaran dan Keamanan Arus Mudik di Pelabuhan Feri Bahaur

Menurut data Bappenas, tingkat kemiskinan ekstrem di Kabupaten Pulang Pisau pada tahun 2022 mencapai 23% atau 6.700 KK. Menyikapi hal ini, Presiden RI telah menginstruksikan seluruh kepala daerah di Indonesia untuk menuntaskan kemiskinan ekstrem hingga akhir 2024 dengan target nol persen.

Pj. Bupati juga mengajak dinas-dinas teknis seperti Disperindagkop UKM, Dinas Sosial, Dinas Perikanan, Dinas PUPR, dan dinas lainnya untuk bekerja sama dalam melaksanakan program-program pengentasan kemiskinan.

Dalam penutup sambutannya, Pj. Bupati mengapresiasi semua pihak yang telah bersinergi menyukseskan pasar murah ini. “Kami berharap masyarakat dapat membeli sembako dengan harga lebih murah melalui kegiatan ini,” katanya.

Adapun sembako yang dijual di pasar murah Maliku meliputi beras 5 kg seharga Rp87.000,00, gula 2 kg Rp34.100, minyak goreng 1 liter Rp16.950,00, telur 2 kg Rp58.800,00, dan susu kental manis 1 kaleng Rp12.900,00. Dengan subsidi pemerintah, total harga paket Rp209.750,00 dapat ditebus masyarakat hanya dengan Rp9.750,00.

Baca Juga :  Wantimpres Tinjau Potensi Food Estate di Pulang Pisau, Pj. Bupati Beri Sambutan Hangat

Acara pasar murah di Kecamatan Maliku juga dihadiri oleh Asisten Setda Kabupaten Pulang Pisau, Kepala Disperindagkop UKM, sejumlah kepala OPD, Camat Maliku, unsur Forkopimcam, Kepala Desa se-Kecamatan Maliku, dan undangan lainnya.

Zulmi

spot_img
spot_img

Latest

spot_img