AGAM  

Agam Terbaik 1 Nasional Pada Lomba Desa/Nagari Pangan Aman Tahun 2022

Agam, Investigasi.news – Meski terbilang baru, kepemimpinan AWR di Kabupaten Agam sudah menampakkan hasil. Hal tersebut terbukti, baru-baru ini Kabupaten Agam kembali menoreh prestasi terbaik tingkat nasional, kali ini Kabupaten Agam berhasil meraih terbaik 1 Nasional dalam lomba Desa/Nagari Pangan Aman tahun 2021.

Adalah Nagari Bayua, yang merupakan salah satu Nagari di Kecamatan Tanjung Raya yang berhasil meraih prestasi terbaik 1 Nasional dalam lomba Desa Pangan Aman yang diselengarakan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI.

Kepastian Nagari Bayua meraih terbaik 1 dalam lomba Desa Pangan Aman tingkat Nasional sebagaimana tertuang dalam surat yang dikeluarkan oleh Direktur Pemberdayaan Masyarakat dan Pelaku Usaha Pangan Olahan Nomor PM.02.01.55.551.08.22.333 Tanggal 5 Agustus 2022 Perihal Pengumuman Lomba Desa Pangan Aman dan Surat Nomor PM.02.01.55.551.08.22.192 Tanggal 29 Agustus 2022 Perihal Pemberian Apresiasi Lomba Desa Pangan Aman Tahun 2021. Dimana Nagari Bayua Kec. Tanjung Raya Kab. Agam meraih Peringkat 1 Lomba Desa Pangan Aman Tingkat Nasional Tahun 2021.

Sebagaimana yang diberitakan sebelumnya, bahwa Nagari Bayua merupakan salah satu dari 7 desa di Indonesia yang masuk nominator nasional dalam lomba Desa Pangan Aman tahun 2021 yang dikunjungi oleh Tim Penilai Nasional untuk dilakukan verifikasi lapangan pada 19/4 lalu.

Sekretaris Daerah Kab Agam, Drs, Edi Busti, M.Si, ketika dihubungi melalui telpon seluller nya menyatakan bangga dengan apa yang telah diraih oleh Nagari Bayua, yang keluar sebagai juara 1 Nasional lomba Desa Pangan Aman.

“Saya menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada OPD terkait, Camat Tanjung Raya dan Seluruh masyarakat Nagari Bayua yang telah berkontribusi dalam menyumbangkan waktu, tenaga dan fikiran dalam mewujudkan Nagari Bayua menjadi nagari Pangan Aman di Kabupten Agam, “ungkapnya.

Sekda menjelaskan, Program Desa Pangan Aman merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mendukung pangan yang aman dan bermutu serta untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam menjamin keamanan dan mutu pangan.

“Semoga apa yang telah diraih oleh Nagari Bayua ini bisa menjadi motivasi bagi nagari-nagari lainnya di Kabupaten Agam, untuk mewujudkan nagari yang pangan aman, “imbuhnya.

Menurut Sekda direncanakan pemberian penghargaan Apresiasi Lomba Desa Pangan Aman tingkat Nasional akan dilaksanakan di Hotel Padma Legian Bali, Kamis 15 Sept 2022, dimana Walinagari Bayua akan menerima langsung penghargaan dari BPOM RI didampingi oleh sejumlah OPD terkait dan Camat Tanjung Raya.
(Daji)